Kunjungi Iklan1

PENGERTIAN AKUNTANSI KEUANGAN : Fungsi & Standar Akuntansi Keuangan











EKOONOMI - Pengertian Akuntansi Keuangan. Berkaitan dengan artikel sebelumnya kali ini kami akan share dasar dasar akuntansi yang harus kita ketahui dimana akuntansi adalah seni dalam mengukur, mengidentifikasi, mengkomunikasikan dan mengintrepretasikan aktivitas keuangan dalam menentukan keputusan ekonomi. Aktivitas ekonomi ini sangat erat kaitannya dengan uang dan laporan keuangan. Oleh karenanya akuntansi memiliki bab khusus yang membahas tentang AKUNTANSI KEUANGAN.

Pengertian Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi
Pengertian Akuntansi Keungan @ekoonomi.com

Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan adalah cabang dari ilmu akuntansi yang berkaitan dengan cara pelaporan perusahaan kepada pelaku ekonomi baik internal maupun eksternal yang berbentuk laporan neraca, rugi laba, perubahan modal dan arus kas. Pihak eksternal seperti pemegang saham, kreditor, investor. Semakin bagus pelaporan keuangan akan berimbas kepada baiknya kredibilitas perusahaan. Akuntansi keuangan memiliki peran sangat penting dan vital dalam menyajikan kondisi terkini perusahan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen.

Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli


Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Warren Reeve Fess (2008:15)

Dalam buku “Accounting Pengantar Akuntansi”, Warren Reeve Feves menjelaskan:

Financial accounting is primarily concerned with the recording and reporting of economic data and activites for a business. Although suchreports provide useful information for managers, they are the primary reports for owners, creditors, governmental agencies, and the public.”(2008:1)
Artinya : Akuntansi keuangan adalah pencatatan dan pelaporan data serta kegiatan ekonomi perusahaan.Walaupun laporan tersebut menghasilkan informasi yang berguna bagi  manajer, namun hal itu  merupakan laporan utama bagi pemilik(owner), kreditor,  lembaga  pemerintah  dan  masyarakat umum.”(2008:15)
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/5806/Bab%202.pdf?sequence=10 diakses tanggal 23 Septermber 2016

Definisi Akuntansi Keuangan menurut Donald  E.  Kieso,  etal (2008:2)

Dalam bukunya “Akuntansi Intermediate
Akuntansi keuangan adalah sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan baik pihak-pihak internal maupun pihak eksternal.” (2008:2)

Arti Akuntansi Keuangan Menurut Martani (2012:8)

Akuntansi keuangan berorientasi pada pelaporan pihak eksternal. Beragamnya pihak eksternal dengan tujuan spesifik bagi masing-masing pihak membuat pihak penyusun laporan keuangan menggunakan prinsip dan asumsi-asumsi dalam penyusunan laporan keuangan. Untuk itu diperlukan standar akuntansi yang dijadikan pedoman baik oleh penyusun maupun oleh pembaca laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan dari akuntansi keuangan berupa laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement).

Pengertian Standar Akuntansi Keuangan (SAK) 

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah suatu kerangka dalam prosedur pembuatan laporan keuangan agar terjadi keseragaman dalam penyajian laporan keuangan (Augustyas, 2011).

FUNGSI Akuntansi Keuangan

Fungsi utama dari akuntansi keuangan adalah sebagai media informasi keuangan sebuah perusahaan agar:
  • Dapat memberikan informasi yang bisa berguna bagi manajemen perusahaan.
  • Mengetahui dan menghitung laba ataupun rugi yang sudah didapat oleh perusahaan.untuk membantu suatu perusahaan dalam mencapai targetnya yang sebelumnya sudah ditentukan.
  • Membantu untuk menetapkan hak bagi masing-masing pihak yang mempunyai suatu kepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal maupun eksternal.
  • Untuk mengawasi dan mengendalikan berbagai macam suatu kegiatan yang terjadi pada perusahaan.
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-tujuan-dan-fungsi-akuntansi-keuangan-terlengkap/ diakses tanggal 23 septermber 2016.

Video Akuntansi Keuangan

LAPORAN KEUANGAN

Pengertian Akuntansi Keuangan
credit: oblsolutions.com

Pengertian Laporan Keuangan adalah suatu penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Laporan keuangan juga menunjukkan hasil pertanggungjawab-an manajemen atas penggunaan  sumber daya yang dipercayakan kepada investor (Ikatan  Akuntan  Indonesia,  2009).
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/viewFile/390/336 diakses tanggal 23 September 2016.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (dalam PSAK No. 1, 2009)

Laporan Keuangan adalah suatu penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu perusahaan. Laporan keuangan juga menunjukkan hasil pertanggung-jawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Priyatno (2009:15)

Laporan  Keuangan adalah proses akhir pencatatan keuangan yang berupa laporan keadaan keuangan perusahaan yang tersusun secara terinci dan lengkap.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Rudianto (2008:14)

Juga mengatakan bahwa laporan keuanganan adalah hasil dari suatu proses akuntansi. Informasi yang disajikan dari proses akuntansi tersebut harus dapat menjawab kebutuhan umum para pemakainya, karena itu laporan keuangan suatu badan usaha harus memiliki kualitas yang baik yang sangat diperlukan oleh berbagai pihak yang memerlukan informasi keuangan tersebut.

Berdasarkan pendapat di atas, dapat di-simpulkan bahwa laporan keuangan adalah hasil dari suatu proses pencatatan keuangan yang menyajikan posisi keuangan perusahaan secara lengkap yang dapat menjawab kebutuhan umum para pemakainya. Laporan keuangan selain menyajikan posisi keuangan juga menunjukkan hasil pertanggungjawaban manajemen dan penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka.
http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/viewFile/390/336 diakses tanggal 23 September 2016.

Tujuan Laporan Keuangan

Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), Tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. Laporan keuangan yang dapat dikatakan jelas dan layak untuk dilaporkan kepada pihak-pihak ber-kepentingan adalah laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Komponen Laporan Keuangan

Laporan keuangan memiliki 4 komponen dasar yaitu:
  1. Laporan posisi keuangan pada akhir periode (neraca),
  2. Laporan laba rugi, 
  3. Laporan perubahan ekuitas,dan
  4. Laporan arus kas

AKUNTANSI MANAJEMEN


credit: hanze.nl

Pengertian Akuntansi Manajemen adalah suatu kegiatan (proses) yang menghasilkan informasi keuangan  bagi manajemen untuk pengambilan keputusan ekonomi dalam melaksanakan fungsi manajemen” (Akuntansi Manajemen menurut Abdul Halim dan Bambang Supomo (2001 : 3) )

Management Accounting is the process of identifying, measuring, accumulating, analizing, preparing, interpreting, and communicating information that helps managers fulfill organizational objectives”. Dari definisi tersebut akuntansi manajemen mencakup ruang lingkup yang amat luas yaitu mencakup analisis keuangan internal kontrol, sistem akuntansi, akuntansi biaya, audit internal, dan akuntansi keuangan (Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Horngren, Sundem dan Stratton (2005 : 5) )

Tipe Informasi Akuntansi Manajemen



Tipe Informasi
Akuntansi Manajemen
Manfaat
Aktiva, Pendapatan dan
atau Biaya
Informasi Masa Lalu
Informasi Yang Akan
Datang
Informasi Akuntansi
Penuh (Full Accounting Information)
Pelaporan Informasi Keuangan

Analisis Kemampuan Laba


Jawaban atas pertanyaan:
”Berapa biaya yang dikeluarkan
untuk sesuatu?”

Penentuan harga jual dalam cost

type contract
Penyusunan program
 
Penentuan harga jual
normal

Penentuan harga
transfer

 
Penentuan harga jual
dalam perusahaan
yang diatur dengan
peraturan pemerintah 

Informasi Akuntansi
Diferensial (Differential
Accounting Information)
Tidak ada
Pengambilan
keputusan pemilihan
alternatif, baik jangka
pendek maupun
jangka panjang

Informasi Akuntansi
Pertanggungjawaban
(Responsibility
Accounting Information)
Penilaian Kinerja Manajer
Pemotivasi Manajer

Penyusunan Anggaran



Sumber : L.M Samryn, Akuntansi Manajerial : Suatu Pengantar


Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen 



No.
Faktor
Perbedaan
Akuntansi
Keuangan
Akuntansi
Manajemen
1.



2.



3.


4.



5.


6.
Pemakai informasi



Dasar penyusunan
informasi


Fokus informasi


Orientasi
informasi


Tipe informasi


Ketepatan
informasi

Pihak-pihak eksternal organisasi, misalnya: pemegang saham, pajak,
kreditur

Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum


Perusahaan secara
keseluruhan

Orientasi masa lalu, penilaian historikal terhadap kemampuan
ekonomi masa lalu

Informasi moneter


Data yang disajikan lebih tepat
Pihak-pihak internal organisasi yaitu berbagai tingkatan manajemen

Tidak terikat oleh Prinsip Akuntansi, yang  lebih penting adalah manfaat informasi

Bagian-bagian dalam perusahaan


Orientasi masa depan, prediksi dengan mempertimbangkan
faktor ekonomi dan nonekonomi

Informasi moneter dan nonmoneter

Lebih ditekankan pada ketepatan waktu daripada ketepatan data


Sumber : Halim dan Supomo, Akuntansi Manajemen


Persamaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi keuangan

  1. Antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen keduanya merupakan tipe informasi akuntansi.
  2. Prinsip akuntansi yang digunakan untuk penyusunan informasi akuntansi keuangan juga merupakan prinsip pengukuran yang relevan dalam akuntansi manajemen.
  3. Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen menggunakan informasi operasi yang sama sebagai bahan baku untuk menghasilkan informasi. 

Demikian penjelasan kami mengenai Pengertian Akuntansi Keuangan semoga memberikan banyak manfaaat dan menambah pengetahuan Anda.
Tombol (x) Untuk Menutup

Selamat Datang

di ContohSurat.co.id

×