Kunjungi Iklan1

PENGERTIAN AKUNTANSI : Definisi Arti dan Fungsi Akuntansi











PENGERTIAN AKUNTANSI : Definisi Arti dan Fungsi Akuntansi. Berbicara mengenai ekonomi sangat erat juga dengan pembahasan mengenai akuntansi. Mulai saat ini Blog Ekonomi juga akan membahas artikel-artikel akuntansi dimana akan kita mulai dengan penjelasan Definisi Pengertian Akuntansi menurut para ahli. Baca juga artikel kami sebelumnya mengenai Pengertian Sistem Ekonomi Indonesia.


PENGERTIAN AKUNTANSI

Definisi Akuntansi Menurut asal kata akuntansi yaitu berasal dari Accountancy / Accounting / Constituency yang diserap ke dalam bahasa Indonesia Akuntansi yang berarti sebuah aktivitas atau proses dalam mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan atau transaksi agar mudah dimengerti dalam mengambil keputusan yang tepat.

Menurut Wikipedia, pengertian akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis"

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli




Banyak pendapat yang mendefinisikan pengertian akuntansi ini, baik yang menjelaskan berbeda maupun tak sedikit yang menjelaskan hampir sama. .Berikut ini akan kami rangkum beberapa penjelasan pengertian akuntansi oleh para ahli ekonomi akuntansi dunia dan dalam negeri lengkap.

Pengertian Akuntansi Menurut Accounting Principle Board (APB)

Pengertian Akuntansi Menurut Accounting Principle Board (APB)
credit: abbreveasions.com
Accounting Principle Board (APB) adalah badan otoritatif yang dibangun American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) pada tahun 1959 dan menerbitkan pernyataan prinsip-prinsip akuntansi sampai dengan tahun 1973, untuk kemudian digantikan oleh the Financial Accounting Standards Board (FASB). Prinsip dasar akuntansi menurut APB Statement No. 4 adalah (1) Cost Principle, (2) Revenue Principle, (3) Matching Principle, (4) Objectivity Principles, (5) Consistency Principles, (6) Diclosure Principle, (7) Conservatism Principles, (8) Materiality Principles, dan (9) Uniformity dan Comparability Principles.
Menurut APB, Akuntansi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang kemudian dapat digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

Definisi Akuntansi Menurut American Accounting Association

Definisi Akuntansi Menurut American Accounting Association AAA
credit: wikipedia.org

American Accounting Association merupakan organisasi nirlaba yang bersangkutan dengan bagaimana profesi akuntansi diajarkan
Menurut AAA, Accounting is the process of identifying, measuring, and communicating economic information to permit information judgment and decision by users of the information. Pengertian Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Definisi Akuntansi Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) merupakan asosiasi profesional bertaraf nasional di Amerika Serikat dalam bidang akuntan publik serta aturan-aturan etika dalam profesinya. Organisasi ini hanya beranggotakan akuntan publik yang bersertifikasi resmi. Kantor AICPA berada di Durham, Carolina Utara, Amerika Serikat.
Definisi Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa (mengidentifikasikan, mengukur, mengkalsifikasikan dan mengikhtisarkan) kejadian atau transaksi ekonomi yang menghasilkan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang digunakan dalam pengambilan keputusan (Amin. W, 1997)

Arti Akuntansi Menurut ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)

Mendefinisikan Akuntansi merupakan sebuah kegiatan jasa yang bertujuan menyediakan informasi kuantitatif/perhitungan, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam  memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.


Ekonomi oleh Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4)

Mereka menyusun sebuah buku Financial Accounting Managerial yang membahas lengkap mengenai Akuntansi.
Pengertian Akuntansi ialah suatu sistem informasi yang mampu mengukur kegiatan bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan (manager).

Pengertian akuntansi menurut Warren dkk (2005:10)


Menyatakan bahwa: “Secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan yang berguna dalam pengambilan keputusan”.

Arti Akuntansi Menurut Suparwoto L (1990 : 2)

Menurut Suparwoto, pengertian akuntansi adalah suatu sistem atau kemampuan untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan serta memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh, lembaga perpajakan, masyarakat umum dan lain-lain.

Pengertian Akuntansi menurut C. West Churman

“Akuntansi merupakan pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan".

Pengertian Akuntansi menurut Littleton (Muhammad, 2002:10)

Menyatakan: “Tujuan utama dari akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi)". Definisi ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

Definisi Akuntansi Menurut Arnold

Arnold mendefiniskan ilmu akuntansi dipandang sebagai suatu sistem untuk memberikan informasi (terutama informasi keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

Pengertian Akuntansi Menurut AbuBakar A, & Wibowo

Menyatakan bahwa Akuntansi merupakan prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.

Ilmu Akuntansi Menurut Rudianto

Menyatakan bahwa akuntansi merupakan sistem informasi yang hasil akhirnya berupa laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan (manager) mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha / perusahaan

Kita simpulkan Akuntansi adalah sebuah aktivitas atau proses dalam mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan atau transaksi agar mudah dimengerti dalam mengambil keputusan yang tepat.


Beberapa Istilah dalam Akuntansi :
  1. Pemilik Perusahaan atau Pemegang Saham atau Investor
  2. Akuntansi Manajemen 
  3. Auditing/Akuntansi 
  4. Sistem Akuntansi 
  5. Akuntansi Biaya 
  6. Akuntansi Anggaran
  7. Akuntansi Perpajakan 
  8. Akuntansi Pemerintahan 
  9. Akuntansi Pendidikan 

TUJUAN AKUNTANSI

Setelah menelaah dari berbagai pendapat para ahli mengenai pengertian akuntansi diatas, Akuntansi diharapkan mampu mencapai beberapa tujuan akuntansi sebagai berikut:
  1. Sebagai sumber acuan informasi keuangan yang dapat dipercaya kebenarannya mengenai kewajiban, modal dan sumber ekonomi.
  2. Sumber informasi terpercaya dalam hal perubahan-perubahan dan perbandingan sumber ekonomi setelah terjadinya kegiatan usaha dari waktu ke waktu.
  3. Membantu penggunanya dalam membaca informasi keuangan yang berguna untuk memperkirakan posisi perusahaan dan potensi perusahaan dalam menambah sumber ekonomi baru maupun laba.
  4. Memonitor jika terjadi perubahan pada sumber ekonomi dan kewajiban.
  5. Menyampaikan data-data secara detail yang nantinya akan digunakan oleh pengguna laporan keuangan baik internal maupun eksternal.

FUNGSI AKUNTANSI

Fungsi utama Akuntansi seperti sudah kita pahami pada pengertian akuntansi dan tujuan akuntansi diatas adalah sebagai informasi keuangan kepada lembaga ekonomi dan pemegang keputusan.

Sekian informasi dari kami mengenai Akuntansi, semoga memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan kepada kita semua.
Tombol (x) Untuk Menutup

Selamat Datang

di ContohSurat.co.id

×