Kunjungi Iklan1




PENGERTIAN MANAJEMEN :: Pengertian Sistem Informasi Manajemen







ContohSurat.co.id - Pengertian Sistem Informasi Manajemen. Sebagaimana telah kami publish pada artikel sebelumnya, dimana admin telah membahas tentang pengertian manajemen, kali ini admin akan share tentang sistem ekonomi yaitu lebih spesifik mengenai sistem infomasi manajemen. Apa pengertiannya, Bagaimana perkembangannya, apa fungsinya maupun contoh kongkrit penerapannya dalam dunia perekonomian akan kami kupas tuntas pada artikel berikut ini.

Sistem Informasi Manajemen (di dunia ekonomi biasa disingkat SIM) atau dalam bahasa inggris yaitu Management Informations System (MIS).

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian atau Definisi Sistem Informasi Manajemen Menurut 7 Ahli Manajemen


1. Sistem Informasi Manajemen Menurut Jogiyanto Hartono (2000:700)
Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk  semua tingkat manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

2. Sistem Informasi Manajemen Menurut George M. Scott yang diterjemahkan oleh Budiman (2001:100)
Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Sifat Sistem Informasi Manajemen dapat digaris bawahi sebagai berikut:
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM) Adalah Menyeluruh
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM) Adalah Terkoordinasi  
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM) Memiliki Sub-sistem Informasi
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM) Terintegrasi Secara Rasional 
  • Sistem  Informasi  Manajemen  (SIM)  Mentransformasikan  Data  kedalam  Informasi dengan berbagai Cara 
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM) Meningkatkan Produktivitas 
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sesuai dengan Sifat dan Gaya Manajer 
  • Sistem Informasi Manajemen (SIM) Menggunakan Kriteria Mutu yang Telah Ditetapkan 

3. Sistem Informasi Manajemen Menurut Raymond  Coleman yang diterjemahkan oleh Moekijat  (1991:40)

Sistem Informasi Manajemen yang efektif adalah  jika sistem tersebut dapat memberikan data yang cermat,  tepat waktu, dan yang penting artinya bagi perencanaan, analisis, dan pengendalian manajemen untuk mengoptimalkan pertumbuhan organisasi.
1-3 Sumber: http://digilib.unila.ac.id/15862/17/BAB%20II.pdf

4. Sistem Informasi Manajemen SD Menurut Leonardo Hasahatan Siregar (2007)

Sistem Informasi Manajemen SIM merupakan sebuah sistem terstruktur yang digunakan untuk mengelola data secara komputerisasi. Didalam SIM terdapat beberapa fungsi yang dibutuhkan yaitu pencarian pemuktahiran presentasi data dan penyimpanan data. Dengan demikian dapat diharapkan SIM dapat dikaitkan untuk mempermudah penyusunan informasi manajemen sekolah-sekolah agar terstruktur dengan baik. Bantuan Operasional Sekolah BOS merupakan bantuan yang diberikan pemerintah untuk melancarkan program belajar sembilan tahun sehingga diperlukan informasi basis data tiap Sekolah Dasar agar lebih mudah dalam pendistribusiannya. Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dasar SIM-SD dibuat dari pengabungan informasi data tabular dan data spasial yang akan menghasilkan basis data sekolah yang lebih mudah penggunaannya user friendly. Hasil dan analisa SIM ini berupa Sistem Informasi Basis Data tiap-tiap sekolah yang meliputi data spasial dan data tabular. Dari hasil dan analisa informasi data yang dip eroleh BOS pada umumnya dipergunakan untuk biaya operasional personil sehingga bertolak belakang yang seharusnya untuk biaya operasional nonpersonil. Depdiknas 2006.
Sumber: digilib.its.ac.id/ITS-Undergraduate-3100007028448/7725
5. Sistem Informasi Manajemen Menurut Gordon B. Davis (1984)

Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang  terintegrasi  antara  manusia  dan  mesin  yang  mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasi, jalannya manajemen dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi.

6. Sistem Informasi Manajemen Menurut James.  A.F.  Stoner

Definisi Sistem Informasi Manajemen yaitu metode yang formal yang menyediakan bagi pihak manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya, untuk mendukung proses pengambilan keputusan bagi   perencanaan, pengawasan, dan fungsi operasi sebuah organisasi yang lebih efektif.  
7. Menurut the ensiclopedia of management

Sistem informasi manajemen adalah pendekatan yang direncanakan dan disusun untuk memberikan   bantuan piawai yang memudahkan proses manajerial kepada pejabat pimpinan. Moekijat (2005).
5,6,7 - sumber: http://digilib.uinsby.ac.id/6999/3/bab%202.pdf

KESIMPULAN
Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen merupakan jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu organisasi dan disahkan bila diperlukan untuk memberikan data kepada manajemen untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan.Data-data tersebut diolah oleh manajemen untuk menjadi sebuah informasi.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen


  1. Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan didalam suatu perhitungan harga pokok jasa, produk, serta tujuan lainnya yang diinginkan manajemen.
  2. Menyediakan suatu informasi yang dipergunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, serta juga perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan suatu informasi untuk pengambilan suatu keputusan.
"Tujuan adanya SIM adalah supaya organisasi memiliki suatu sistem yang dapat dihandalkan dalam mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang menyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan strategis.” (Wahyudi K. dan Subondo Agus M, 2001 : 6).

Proses Sistem Informasi Manajemen

1. Perencanaan
2. Pengendalian
3. Pengambilan Keputusan

Sumber Daya Sistem Informasi Manajemen

  1. Komponen perangkat keras (hardware) berada pada pondasi dan menyediakan infrastruktur untuk mendukung SIM. 
  2. Komponen perangkat lunak (software) merupakan suatu komponen untuk mempercepat proses penyampaian.
  3. Di puncak piramida terdapat SDM (brainware), merupakan hal paling akhir disiapkan tetapi  merupakan hal yang paling penting, karena jika SDM tidak siap, maka sebuah SIM tidak akan dapat berjalan

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

  1. Mempermudah dalam perencanaan, peembagian tugas, dan pengawasan.
  2. Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien karena data yang ditampilkan lebih akurat dan cepat
  3. Produktifitas meningkat
  4. Menekan biaya-biaya yang tidak diperlukan
  5. Kualitas SDM meningkat, karena pekerjaan utama dengan dibantu oleh sistem sehingga SDM akan berpikir lebih kreatif ke arah positif.

Contoh Penerapan Sistem Informasi Manajemen

  1. Sistem informasi akuntansi (keuangan)
  2. Sistem informasi akademik (pendidikan/sekolah)
  3. Sistem informasi pemasaran
  4. Sistem informasi manajemen persediaan (inventory)
  5. Sistem informasi personalia (HRD)
  6. Sistem informasi distribus
  7. Sistem informasi pembelian (purchasing)
  8. Sistem informasi kekayaan
  9. Sistem informasi analisis kredit 
  10. Sistem informasi penelitian dan pengembangan (riset)
  11. Sistem informasi analisis software
  12. Sistem informasi teknik (engineering)
  13. Sistem informasi Rumah Sakit
Demikian sekilas informasi mengenai Pengertian Sistem Informasi Manajemen, semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kita semua.