Kunjungi Iklan1




Pengertian AKTIVA TETAP atau Fixed Asset







Pengertian AKTIVA TETAP atau Fixed Asset adalah suatu barang yang memiliki wujud/ bentuk fisik yang dimiliki oleh perusahaan yang digunakan untuk operasional perusahaan dan memiliki unsur / manfaatnya. Pada akhir manfaatnya aset tersebut harus dibuang atau diganti dengan nilai yang didasarkan pada kemampuan perusahaan dalam memperoleh hak-hak nya yang sah atas pemanfaatan aktiva. Aktiva tetap atau fixed asset penggunaannya lebih dari satu tahun. Admin akan share beberapa pengertian aktiva tetap menurut para ahli dari berbagai sumber.

Pengertian AKTIVA TETAP atau Pengertian Fixed Asset

Pengertian AKTIVA TETAP atau Fixed Asset Menurut Para Ahli


Definisi Aktiva Tetap menurut Carl S. Warren (2011 : 415)

Fixed assets are long-term or relatively permanent assets such as equipment, machinery, building, and land. 

Pengertian Aktiva Tetap menurut Pernyataan Standar Akuntansi  Keuangan (PSAK) No.16 (2015) yaitu :
Aset  tetap  adalah  aset  berwujud  yang  penggunaanya lebih dari satu periode (satu tahun) dan dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan dalam proses produksi atau penyediaan barang dan jasa, untuk disewakan kepada pihak lain atau untuk tujuan administratif.

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (PSAK16, 2011:12)
Apa Aktiva  tetap itu? ialah aktiva berwujud yang: (1) dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa untuk direntalkan kepada pihak lain, atau untuk tujuan admisitrasi;  dan (b) diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode.


Menurut Kartikahadi dan Rosita (2012 : 316)
Arti Aset tetap adalah aset berwujud yang dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa, untuk disewakan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administratif; dan diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode.

Menurut  Rudianto (2012 : 256)
Definisi Aset Tetap adalah barang berwujud milik perusahaan yang sifatnya relatif permanen dan digunakan dalam kegiatan normal perusahaan, bukan untuk diperjualbelikan.

Menurut Baridwan  (2004 : 271)
Aktiva  tetap merupakan aktiva-aktiva berwujud yang sifatnya relatif permanen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan yang normal.

Menurut  Rusdji  (2004  :  23-2)  :

Aktiva tetap perusahaan adalah aktiva tetap berwujud yang terletak atau berada di Indonesia, yang dimiliki dan digunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan yang merupakan objek pajak.

Menurut Zaki Baridwan (Intermediate Accounting, hal 271)
Aktiva tetap berwujud adalah ”aktiva-aktiva yang berwujud yang sifatnya relatif permanen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan yang normal”.

Menurut IAI dalam Standar Akuntansi Keuangan (2002)
Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun lebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan, tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun.

Menurut Sofyan Syafri Harahap (Akuntansi Aktiva Tetap, hal: 30) 
Menjelaskan defnisi aktiva tetap sebagai aktiva yang menjadi hak milik perusahaan dan dipergunakan secara  terus-menerus dalam kegiatan menghasilkan barang dan jasa perusahaan.

Menurut A.O.  Simangunsong 
pengertian aktiva tetap adalah aktiva yang jangka waktu pemakainnya lebih dari satu periode akuntansi atau lebih dari satu tahun.

Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah No. 07 tentang Akuntansi Aset Tetap
Aset tetap adalah aset berwujud yang mempunyai masa manfaat lebih dari 12 (dua belas) bulan untuk digunakan, atau dimaksudkan untuk digunakan, dalam kegiatan pemerintah atau dimanfaatkan ole masyarakat umum. Termasuk dalam aset tetap pemerintah adalah hak atas tanah dan aset tetap yang dimiliki oleh entitas pelaporan namun dimanfaatakan oleh entitas lainnya, misalnya instansi pemerintah lainnya, universitas, dan kontraktor. Tidak termasuk dalam definisi aset tetap adalah aset yang dikuasai untuk dikonsumsi dalam operasi pemerintah, seperti bahan (materials) dan perlengkapan (suplies).

Menurut Soemarso (2005 : 20)
Arti Aktiva tetap adalah “aktiva berwujud yang masa manfaatnya lebih dari satu tahun, digunakan dalam kegiatan perusahaan, dimiliki tidak untuk dijual kembali dalam kegiatan normal perusahaan, serta nilainya cukup besar”

Menurut S. Munawir (2002 : 139)
Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang mempunyai umur relative permanent (memberikan manfaat kepada perusahaan selama bertahun-tahun) yang dimiliki dan digunakan untuk operasi sehari-hari dalam rangka kegiatan normal dan tidak dimaksudkan untuk dijual kembali (bukan barang dagangan) serta nilainya relatif material.

Menurut Donald E. Kieso, Jerry J. Weygandt, Terry D.Warfield (2007 : 31)
Pengertian aktiva tetap adalah Aktiva yang diperoleh untuk digunakan dalam operasi perusahaan bukan untuk dijual kembali, memiliki sifat jangka panjang dan biasanya harus disusutkan.

Sekian penjelasan kami mengenai pengertian aktiva tetap / pengertian fixed asset semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita khususnya di bidang akuntansi.