Kunjungi Iklan1




Pengertian E COMMERCE adalah :: Jenis E Commerce







Pengertian E COMMERCE adalah proses membeli dan menjual dan atau bertukar produk , jasa maupun informasi melalui komputer (Menurut Munandar, 2011) dalam buku E-Business karangan H. Dadang Munandar, S.E, M.Si.

Pengertian E COMMERCE

E commerce atau electronic commerce hadir seiring dengan perkembangan internet yang sangat pesat. E commerce menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kegiatan belanja baik pria maupun wanita. E commerce hadir dalam menjawab tuntutan gaya hidup modern manusia yang menuntut kemudahan dan kecepatan dalam segala bidang. Tidak hanya pembeli yang dimudahkan dan dimanjakan dalam proses jual beli, penjual-pun juga dimudahkan untuk menjual produk / dagangan mereka dengan mudah dan cepat dibandingkan menjual melalui toko offline. Mulai muncul marketplace startup yang menjadi rumah bagi penjual online / online shop ini.

Pengertian E Commerce adalah

Baca juga: Pengertian CUSTOMER SERVICE

Pengertian E commerce menurut para ahli


Menurut Jualian Ding, e commerce adalah sesuatu yang tidak dapat didefinisikan. Setiap orang memiliki definisi masing-masing mengenai apa arti e commerce itu. (buku E COMMERCE : Law & Practice).

Menurut Jony Wong (2010:33), definisi e commerce adalah pembelian, penjualan dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. Media sistem elektronik yang dimaksud oleh Jony Wong yaitu televisi, radio, maupun jaringan komputer atau internet.

E commerce adalah proses pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di internet shopping, stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang, 2002).

Pengertian E commerce menurut Vermaat (2007:83). E commerce adalah transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik seperti internet. Semua orang termasuk Anda jika memiliki jaringan internet akan dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Definisi E Commerce menurut Kalakota dan Winston (Suyanto, 2003:11), definisi e commerce dapat ditinjau dari beberapa perspektif / segi yaitu:

  1. Dari segi Komunikasi
    E commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
  2. Dari segi Bisnis
    E commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  3. Dari segi Layanan
    E commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
  4. Dari segi Online
    E commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
Arti E commerce menurut Triton (2006) menyebutkan pengertian e commerce adalah perdagangan elektronik dimana kegiatan transaksi membeli atau menjual dilakukan melalui elektronik atau melalui jaringan internet. E commerce berbentuk sebuah website toko online yang beroperasi 24 jam setiap harinya.

Jenis E-Commerce

1. E-Commerce Business to Business (B2B)

E-Commerce Business to Business (B2B) merupakan bisnis e commerce yang dijalankan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis di dalamnya, dimana kedua belah pihak sudah saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.

B2B merupakan jenis bisnis yang dilakukan secara berkelanjutan atau saling berlangganan dalam suatu ikatan bisnis tertentu atas dasar saling menguntungkan dan saling percaya.

Contoh bisnis e commerce B2B yaitu dua perusahaan yang saling mengadakan transaksi jual beli melalui transaksi online di internet yang pembayaran menggunakan kartu kredit.

2. E-Commerce Business to Customer (B2C) 

E-Commerce Business to Customer (B2C) adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsume, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Pihak produsen melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen (tidak berlangganan). Artinya produsen hanya menjual produk atau jasa dan konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.

3. E-Commerce Consumen to Business (C2B) 

E-Commerce Consumen to Business (C2B) dilakukan oleh konsumen kepada produsen yang menjual produk / jasa. Contoh: konsumen akan memberitahukan detail produk / jasa yang dia inginkan melalui media internet, kemudian produsen akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen tersebut.

Demikian penjelasan kami tentang pengertian e commerce menurut para ahli semoga menambah pengetahuan kita semua.