Kunjungi Iklan1




Pengertian MANAJEMEN PEMASARAN Menurut Para Ahli







Pengertian Manajemen Pemasaran adalah topik yang akan kami bahas dalam artikel kali ini. Sebelumnya admin telah membahas artikel Manajemen Keuangan yang erat kaitannya dengan manajamen pemasaran. Manajemen Keuangan memiliki peran yang sangat penting di dalam perusahaan. Setiap perusahaan memiliki tujuan yang ingin dicapai melalui produk yang dihasilkannya salah satu tujuannya adalah terjualnya seluruh produk dengan laba yang diharapkan dan tercapainya kepuasan pelanggan. Jika produk berhasil dipasarkan kepada konsumen dengan baik dan lancar serta konsumen puas menggunakan produk tersebut, maka jaminan keberlangsungan perusahaan akan dirasa positif dalam jangka panjang. Oleh karena itu perlu dipikirkan sebuah konsep pemasaran dan manajemen pemasaran. Untuk membahas manajemen pemasaran perusahaan, berikut kami bahas pengertian manajemen pemasaran.

Baca Juga: - Pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Menurut Para Ahli

Konsep pemasaran adalah semua kegiatan perusahaan dalam perencanaan pemasaran dalam upaya mencapai kepuasan pelanggan sebagai tujuan perusahaan. Semua aktifitas yang menganut konsep pemasaran memiliki tujuan akhir yang sama yaitu mencapai kepuasan pelanggan.

Menurut Sofjan Assauri (2013:12)
Pengertian Manajemen Pemasaran adalah kegiatan menganalisis, merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan program-program yang disusun dalam pembentukan, pembangunan, dan pemeliharaan keuntungan dari pertukaran/ transaksi melalui sasaran pasar dengan harapan untuk mencapai tujuan organisasi (perusahaan) dalam jangka panjang.

Menurut Philip Kotler (2005:9)
Definisi Manajemen Pemasaran adalah proses dalam merencanakan, melaksanakan, memikirkan, menetapkan harga promosi, dan menyalurkan gagasan barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dalam organisasi.

Menurut Basu Swastha (2008:5) 
Pengertian Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Menurut American Marketing Association (1960)
Definisi Pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen.

Menurut Kotler
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan melalui proses penciptaan, pertukaran produk dan nilai.
Manajemen pemasaran adalah seni atau ilmu dalam menentukan pasar sasaran, mendapatkan pasar, menjaga pasar dan menciptakan pertumbuhan pelanggan serta mengkomunikasikan nilai-nilai pelanggan yang terbaik.
Manajemen pemasaran menurut Kotler adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan konsep pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dan kelompok.

Menurut Ben M. Eniy (2007:130)
Manajemen pemasaran merupakan proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yanng dilakukan oleh individu atau perusahaan.

Menurut Buchori dan Djaslim (2010:5)
Manajeman pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang, dan jasa, untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.

Menurut Dharmmesta & Handoko (1982)
Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan utama dari perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan perusahaannya, agar berkembang serta mendapatkan keuntungan dari kegiatan pertukaran. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

Rangkaian tugas manajemen pemasaran adalah bagaimana memadukan marketing mix dengan lingkungan internal perusahaan dan lingkungan eksternal perusahaan.

Kemampuan adaptasi manajemen pemasaran baik dengan lingkungan internal dan eksternalnya akan membawa perusahaan memenangkan persaingan dan terus memimpin pasar.

Demikian penjelasan mengenai pengertian manajemen pemasaran semoga bermanfaat.