Kunjungi Iklan1

ANALISIS SWOT :: Pengertian Definisi dan Manfaat Analisis SWOT











ANALISIS SWOT :: Pengertian Definisi dan Manfaat Analisis SWOT. Pengertian SWOT Menurut Para Ahli,Sebuah bisnis dikatakan baik jika memiliki stratgei yang baik juga. Perlu diketahui bahwa SWOT merupakan sebuah akronim dari 4 kata dengan huruf awal S, W, O dan T. SWOT merupakan kependekan dari Kekuatan (Strong), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats).

Pengertian ANALISIS SWOT :: Pengertian Definisi dan Manfaat Analisis SWOT
Analisis SWOT, image showeet.com


Pengertian Analisis SWOT

Kami akan share beberapa penjelasan mengenai pengertian analisis swot ini ditinjau dari pengertan para ahli.

Definisi Analisis SWOT Menurut Freddy Rangkuti (2009: 18)
Analisis SWOT adalah proses identifikasi berbagai faktor secara sistematis guna menentukan rumusan yang tepat dan  melakukan strategi perusahaan yang terbaik. Analisis ini berdasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan(Weaknesses) dan  ancaman (Threats). Proses pengambilan keputusan strategis perusahaan selalu berkaitan erat dengan pengembangan misi, visi, tujuan, strategi serta kebijakan perusahaan. Oleh karenanya perencanaan yang strategis sangat memerlukan analisa-analisa dari masing masing SWOT ini (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) di lingkungan perusahaan saat ini.

Pengertian Analisis SWOT Menurut Jogiyanto (2005:46)
SWOT sangat diperlukan dalam menilai kekuatan-kekuatan maupun kelemahan-kelemahan dari sumber-sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan serta menilai kesempatan-kesempatan eksternal maupun tantangan-tantangan yang dihadapi.

Arti Analisis SWOT Menurut David,Fred R. (2005:47)
Berikut penjelasan lengkap mengenai SWOT akan kita rinci satu persatu.

1. Strengths (Kekuatan)
Pengertian Strenght / kekuatan adalah segala sumber daya yang dimiliki perusahaan baik sumber daya manusia, keterampilan, soft skill, maupun keunggulan lain yang dimiliki perusahaan yang mana dihubungkan dengan para pesaing perusahaan serta kebutuhan pasar. Kekuatan adalah sebuah persaingan khusus yang mampu memberikan keunggulan daripada perusahaan lain dalam hal kompetisi.

2. Weakness (Kelemahan)
Weakness / kelemahan merupakan suatu keterbatasan serta kekurangan dalam sebuah perusahaan (dalam hal sumber dayanya, kapabilitas karyawannya, serta penguasaan keterampilan dimana nantinya akan menghambat kinerja perusahaan ke depannya. Keterbatasan lain yang dapat menghambat jalannya perusahaan antara lain : fasilitas, tunjangan, sumber daya keuangan perusahaan, kapabilitas manajemen, serta kelihaian bagian pemasaran.

3. Opportunities (Peluang)
Peluang merupakan suatu kesempatan yang sangat penting yang sangat ditunggu oleh masing-masing perusahaan. Peluang-peluang yang datang ini pada umumnya bersifat akan menguntungkan perusahaan. Namun terkadang peluang yang datang ini belum tentu langsung bisa disambut oleh perusahaan tersebut dikarenakan kendala-kendala tertentu.Contoh peluang yang kedepannya bisa mendatangkan keuntungan kepada perusahaan antara lain perubahan teknologi, peningkatan hubungan dengan pembeli maupun supplier, dan lain-lain.

4. Threats (Ancaman) 
Kebalikannya dengan peluang, Ancaman adalah situasi penting yang tidak menguntungkan perusahaan. Hal ini menjadi pengganggu jalannya roda bisnis perusahaan dan mengancam posisi perusahaan di dalam pasar, maupun mengganggu tujuan perusahaan. Contoh ancaman yang sering dihadapi perusahaan yaitu aturan-aturan baru dari pemerintah yang sangat merugikan pengusaha.
Pengertian Analisis SWOT menurut Kotler (2009: 51)
Adalah sebuah cara yang ditempuh oleh perusahaan dalam upaya mengamati lingkungan pemasaran internal maupun eksternal.

Definisi Analisis SWOT menurut Gitosudarmo (2001: 115)
SWOT merupakan terjemahan dari Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman atau disingkat oleh beliau dengan "KEKEPAN". Metode ini kita diharapkan mengetaui kekuatan apa saja yang telah dimiliki oleh perusahaan, kelemahan apa saja yang masih melekat pada diri atau perusahaan kita, kemudian kita juga harus mampu melihat kesempatan atau opportunity yang terbuka bagi kita dan akhirnya kita harus mampu untuk mengetahui ancaman, hambatan, gangguan, serta tantangan yang menghadang di depan kita.

Faktor Internal dan Eksternal dalam Analisa SWOT Perusahaan


Pengertian Analisis SWOT

Manfaat Analisis SWOT

adalah menjadi metode analisis paling dasar untuk melihat suatu permasalahan di dalam perusahaan dilihat dari 4 sisi berbeda. Hasil analisis SWOT ini berupa rekomendasi atau arahan antara lain seperti mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yang ada. sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Analisis SWOT ini akan berguna dengan baik jika digunakan dengan benar. Dimana banyak sisi-sisi terlupakan dan tidak terlihat dalam perusahaan akan muncul dalam analisis SWOT ini. Sehingga Analisis SWOT ini sangat bermanfaat sebagai analisis strategi untuk meminimalisir kelemahan perusahaan / organisasi dan dapat menekan dampak ancaman yang muncul.

Sekian penjelasan kami tentang Pengertian Analisis SWOT, Definisi dan Manfaat Analisis SWOT. Semoga bermanfaat.
Tombol (x) Untuk Menutup

Selamat Datang

di ContohSurat.co.id

×