Kunjungi Iklan1




PROPOSAL USAHA :: Pengertian Contoh Proposal Usaha Yang Baik dan Benar







PROPOSAL USAHA :: Contoh Proposal Usaha Yang Baik dan Benar. Melanjutkan artikel sebelumnya yang hampir sama membahas Contoh Proposal yaitu Proposal Penelitian, kali ini Blog Ekonomi Akuntansi akan menjelaskan tentang Proposal Usaha. Proposal Usaha yang sering kita temukan di sekitar kita seperti usaha makanan, usaha kecil, usaha roti bakar, makanan ringan, usaha distro, proposal bisnis, proposal wirausaha, dan lain-lain. Namun dari beberapa contoh proposal itu, Anda sudah memahami belum cara membuat proposal usaha yang baik dan benar?

Berikut kami jelaskan pengertian proposal usaha dan contoh proposal usaha yang baik dan benar.


Pengertian Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar


Pengertian PROPOSAL USAHA


Di dunia kampus menjadi seorang mahasiswa dan calon wirausaha, maka mereka harus paham dan tahu mengenai konsep proposal usaha, apa itu proposal usaha, pengertian proposal bisnis, apa saja jenis-jenis proposal itu, unsur-unsur apa saja yang sebaiknya ada di dalam membuat proposal, kemudian apa tujuan proposal dan terakhir apa saja manfaat proposal usaha yang dapat kita peroleh baik langsung maupun tidak langsung.

PROPOSAL berasal dari bahasa Inggris : "to purpose" yang berarti mengajukan. Secara bahasa kata proposal dapat diartikan sebagai bentuk pengajuan atau permohonan. Proposal dapat berupa penawaran ide, gagasan, pemikiran atau sebuah rencana kerja yang ditujukan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, baik sifatnya berupa ijin, persetujuan (approval), pendanaan, dan lain-lain.

Proposal dapat diartikan juga sebagai sebuah tulisan, pemaparan atau penjelasan yang disusun oleh penulis yang tujuannya memberikan penjabaran atau menjelaskan sebuah rencana kerja dengan suatu tujuan atau kegiatan kepada pembaca proposal atau pihak yang menjadi target.

Definisi Proposal Menurut Para Ahli

Pengertian Proposal Menurut Hasnun Anwar (2004 : 73) menjelaskan bahwa proposal adalah rencana tertulis yang disusun untuk kegiatan tertentu.

Pengertian Proposal Menurut Jay (2006 : 1) menjelaskan bahwa proposal adalah alat bantu manajemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.

Dilihat dari sudut pandang ilmiah, proposal dapat diartikan sebagai sebuah rancangan dari usulan sebuah penelitian yang direncanakan akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya.

Pengertian Proposal Usaha adalah pengajuan tertulis yang berisi perencanaan dan pemaparan usaha, dimulai dari dana, keperluan perlengkapan, rencana penjualan, hingga rencana hitungan keuntungan yang mungkin bisa didapat dari usaha tersebut.

Tujuan PROPOSAL


Tujuan utama pembuatan proposal yang paling sering kita temui adalah untuk mendapatkan dana, dukungan atau sponsor dan tidak sedikit pula proposal untuk mendapatkan perizinan.

Unsur-Unsur Dalam PROPOSAL


Di dalam Proposal hendaknya menampilkan beberapa unsur berikut : Nama / Judul Usaha, kemudian dilanjutkan dengan Pendahuluan, Tujuan, Waktu dan Tempat, Sasaran Kegiatan, Susunan Panitia, Rencana Anggaran Keuangan, Penutup dan yang terakhir adalah Tanda tangan dan Nama Terang pihak yang bersangkutan.


Fungsi PROPOSAL

  1. Melakukan penelitian yang berkaitan dengan agama, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lainnya.
  2. Untuk mendirikan usaha kecil, usaha menengah maupun usaha besar.
  3. Untuk mengajuan kredit pada bank.
  4. Untuk mengajukan tender pada lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta.
  5. Untuk mengadakan acara seminar, pelatihan, diskusi, dan lain-lain

Jenis PROPOSAL

Pada umumnya proposal dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu :

  • Proposal Usaha / Proposal Bisnis
    Proposal ini berkaitan dengan bidang usaha dan bisnis mencakup usaha perseorangan maupun usaha kelompok. Contoh dari proposal usaha yaitu proposal pendirian usaha / bisnis, proposal dalam bentuk kerjasama antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya, dan lain-lain.
  • Proposal Proyek
    Proposal ini mengacu pada dunia kerja yang isinya berupa rangkaian ragam dan rencana bisnis yang sifatnya komersil, contohnya proposal proyek pembangunan.
  • Proposal Penelitian
    Merupakan jenis proposal yang sering digunakan pada bidang akademik oleh para akademisi semisal proposal penelitian untuk pembuatan skripsi, tesis, karya ilmiah dan lain-lain. Contoh dan isi dari pengajuan proposal penelitian ini adalah pengajuan kegiatan penelitian.
  • Proposal Kegiatan
    Proposal kegiatan adalah pengajuan rencana sebuah kegiatan baik itu bersifat individu dan kelompok. Contohnya Proposal kegiatan pesta geni wisatawan.

PROPOSAL USAHA - UNSUR DALAM PROPOSAL USAHA

Pada saat membuat proposal usaha, tentunya seorang penulis sudah berniat dan tujuan agar proposal yang akan disusun tersebut menarik elegan, menarik, elegan, benar dan pantas agar segera mendapatkan persetujuan. Sehingga tujuan untuk mengadakan permintaan barang atau pengadaan dana lebih mudah terealisasikan.

Agar proposal tersebut benar dan sesuai dengan tujuan diatas, maka diperlukan adanya unsur-unsur yang harus ada pada setiap pembuatan proposal usaha yaitu antara lain:

1. LATAR BELAKANG MASALAH

Pada bagian awal sebuah proposal didahului dengan penjelasan latar belakang masalah. Pada bagian latar belakang masalah ini dikemukakan adanya kesenjangan antara harapan mayoritas orang dengan kenyataan yang ada. Kesenjangan tersebut berupa kesenjangan teoritik maupun kesenjangan praktis yang melatarbelakangi masalah yang hendak diteliti penulis. Latar belakang masalah pada proposal juga memaparkan penjelasan teori, hasil-hasil penelitian sebelumnya yang relevan, kesimpulan pada seminar-seminar yang relevan, hasil-hasil diskusi ilmiah oleh para ahli, serta pengalaman-pengalaman pribadi yang memiliki kaitan erat dengan pokok masalah yang akan diteliti. Oleh karena itu, pemilihan masalah memiliki pijakan alasan yang kuat dan kokoh sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

2. RUMUSAN MASALAH

Rumusan masalah di dalam penelitian disusun dan dinyatakan secara tersurat dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian tersebut. Penyajian rumusan masalah hendaknya tersusun secara singkat, jelas, padat, menuju sasaran dan dinyatakan dalam bentuk kalimat-kalimat pertanyaan. Penyusunan rumusan masalah dalam proposal usaha sebaiknya menyajikan variabel-variabel yang diteliti dan dapat diujikan secara empiris.

3. TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian dalam sebuah proposal usaha atau penelitian diungkapkan pada sasaran yang hendak dicapai. Tujuan penelitian mengacu pada rumusan masalah dan dinyatakan dalam bentukan kalimat kalimat pernyataan.

4. HIPOTESIS

Hipotesis dalam sebuah proposal usaha atau penelitian berisi pengajuan dan penjabaran jawaban-jawaban sementara terhadap masalah yang telah dirumuskan agar lebih jelas hubungan antara masalah yang diteliti dengan jawabanannya. Pada bagian hipotesis ini sebaiknya berisi kalimat-kalimat pernyataan, kemudian dirumuskan dengan singkat, padat serta jelas, rumusan dapat diuji secara empiris dan menyatakan hubungan yang jelas antara dua variabel atau lebih.

5. ASUMSI PENELITIAN

Asumsi penelitian adalah asumsi atau anggapan dasar tentang suatu hal yang dapat dijadikan acuan dan pijakan berpikir dan bertindak dalam melaksanakan penelitian. Dalam hal ini asumsi penelitian tidak perlu dibuktikan kebenarannya, tetapi dapat langsung memanfaatkan hasil penelitian yang relevan oleh peneliti sebelumnya.

6. MANFAAT PENELITIAN

Manfaat penelitian merupakan bagian untuk menunjukkan mengenai pentingnya dilakukan penelitian ini terutama bagi pengembangan ilmu pengetahuan atau pelaksanaan pembangunan dalam arti yang luas. Bagian manfaat penelitian ini juga dikatakan berisi alasan kelayakan atas masalah yang diteliti.

7. RUANG LINGKUP dan KETERBATASAN PENELITIAN

Dalam melakukan sebuah penelitian terkadang menemukan kendala-kendala, oleh karena itu bagian ruang lingkup dan keterbatasan masalah ini sebagai informasi kepada pembaca mengenai hal-hal tersebut. Keterbatasan ruang lingkup kajian ini terpaksa harus dilakukan karena alasan-alasan prosedural, teknik penelitian, ataupun karena alasan logistik. Keterbatasan penelitian juga terkadang terkendala yang bersumber dari adat, tradisi, etika, kepercayaan yang tidak memungkinkan pencarian data yang diinginkan peneliti.

8. KAJIAN PUSTAKA

Kajian pustaka ini merupakan bagian yang memaparkan teori-teori yang disusun berdasarkan kemutakhiran penelitian terakhir yang relevan dan memiliki keterikatan bahasan yang kuat.

9. DEFINISI OPERASIONAL

Definisi operasional adalah definisi yang perumusannya didasarkan pada hal yang dapat diamati oleh peneliti. Definisi operasional bukan merupakan definisi berdasarkan kamus istilah atau pendapat para ahli. Hal ini diperlukan terutama untuk istilah-istilah yang berhubungan dengan konsep-konsep pokok dalam penelitian juga untuk menghindari perbedaan persepsi.


Manfaat PROPOSAL USAHA


Sebuah proposal usaha dalam pembuatannya tentu memiliki banyak manfaat yaitu :

  1. Sebuah proposal usaha sangat berguna sebagai perbandingan antara perkiraan atau rencana dengan kenyataan yang sebenarnya nanti setelah mendapatkan kesimpulan.
  2. Proposal usaha dapat membantu seorang wirausahawan dalam pengembangan dan pengujian strategi yang diharapkan dari sudut pandang pihak-pihak lain yang mungkin tidak terpikir oleh seorang wirausahawan.
  3. Proposal usaha juga dapat membantu seorang wirausahawan untuk berpikir secara kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasuki atau digelutinya nanti.
  4. Persaingan faktor ekonomi dan analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat mendekati asumsi-asumsi secara tepat, cermat, mengenai seberapa besar tingkat keberhasilan dalam usaha.
  5. Sebagai transparansi agar lebih jelas sumber-sumber keuangan yang diterima maupun yang akan dikeluarkan.
  6. Proposal usaha ini dapat memberikan gambaran awal tentang sebuah usaha dan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan manajerial menjadi usahawan.
  7. Proposal usaha dapat mengidentifikasi adanya kemungkinan resiko kritis pada saat-saat penting, sehingga akan ada penentuan langkah antisipasi.
  8. Proposal usaha dapat memberikan gambaran informasi potensi pasar dan perkiraan market share yang kemungkinan besar bisa diraih.
  9. Proposal usaha dapat memberikan informasi sumber-sumber finansial yang lebih jelas dengan dokumen ringkas pada dan berisi informasi penting dan terukur serta evaluasi finansial.
  10. Proposal usaha dapat memberikan gambaran mengenai kemampuan wirausahawan dalam memenuhi kewajibannya sebagai seorang wirausahawan sekaligus pemimpin.

 Demikian artikel kami mengenai PROPOSAL USAHA secara lengkap. Semoga dapat memberikan manfaat dalam kesuksesan usaha Anda.