Kunjungi Iklan1




SURAT KUASA :: Contoh Surat Kuasa Lengkap untuk Berbagai Keperluan Terbaru







SURAT KUASA :: Contoh Surat Kuasa Terbaru Lengkap untuk Berbagai Keperluan. Pada posting kali ini admin akan share pengertian surat, pengertian surat kuasa (SK), contoh surat kuasa, format SK, semua akan kami bahas secara lengkap disini.

Pengertian SURAT

Surat adalah alat pengirim berita secara tertulis (pengertian secara sempit). Namun pengertian surat dalam arti luas adalah surat yang tidak terbatas maknanya, yaitu sebagai pengirim berita yang tidak hanya secara tertulis namun mencakup semua rekaman berita secara tertulis.

Sehingga pengertian surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis kepada pihak lain baik atas namanya pribadi dirinya sendiri, atas nama orang lain atau atas nama jabatan profesinya dalam suatu organisasi. Informasi yang disampaikan dapat berupa pemberitahuan, pertanyaan, keputusan, permintaan atau buah pikiran yang ingin disampaikan kepada pihak lain baik perseorangan maupun instansi / organisasi.

Pengertian Surat Resmi adalah surat-surat yang dibuat oleh suatu organisasi atau instansi atau perusahaan baik swasta maupun milik pemerintah.

Pengertian Surat Dinas adalah surat-surat yang berisi masalah-masalah administrasi pemerintah yang dibuat dan dikeluarkan oleh suatu instansi pemerintah atau sering juga disebut sebagai surat dinas pemerintah.

Surat Kuasa termasuk dalam jenis Surat Resmi.

Contoh Surat Kuasa


Pengertian SURAT KUASA


Surat Kuasa adalah surat yang isinya berupa pelimpahan wewenang dari seseorang, pejabat maupun organisasi tertentu kepada seseorang lainnya dimana pelimpahan wewenang ini dapat mewakili pihak yang berwenang.

Surat kuasa dibuat ketika seseorang yang berwenang mengalami halangan untuk suatu keperluan sehingga memerlukan bantuan orang lain untuk mewakilinya.

Jenis Surat Kuasa


Surat kuasa dibagi menjadi dua macam yaitu surat kuasa formal dan surat kuasa non formal. Surat kuasa memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Memiliki isi yang bertujuan memberikan kuasa kepada seseorang untuk keperluan tertentu ,
2. Memiliki bahasa yang jelas , singkat dan lugas .

Contoh-Contoh Surat Kuasa

  • Surat kuasa pengambilan dokumen kependudukan seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, SKCK
  • Surat kuasa pengambilan penetapan ahli waris seperti tanah warisan, asuransi, pengambilann hadiah, dll
  • Surat kuasa pencairan uang
  • Surat kuasa penjualan produk tertentu
  • Surat kuasa pengambilan keputusan usaha
  • Surat kuasa pengambilan keputusan politik
Surat Kuasa Perusahaan, Surat Kuasa Tanah, Surat Kuasa Pengambilan BPKB, Pengambilan Uang Gaji, Pengambilan Ijazah, Pembayaran Pajak Motor Mobil, dll

Kumpulan Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, dll akan kami bahas pada posting-posting kami berikutnya.

Contoh Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa Kedinasan

Contoh Surat Kuasa Pemerintah


Demikian penjelasan kami tentang Contoh Surat Kuasa, semoga dapat menjadi acuan atau rujukan dalam pembuatan surat kuasa.