Kunjungi Iklan1

Pengertian INTERNET MARKETING : Definisi Apa Itu Internet Marketing [LENGKAP]











Pengertian INTERNET MARKETING

Pada posting kali ini kami akan membahas definisi pengertian internet marketing menurut para ahli dan sumber-sumber terkait. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai apa itu internet marketing secara detail, akan kami jelaskan terlebih dahulu apa pengertian internet dan pengertian marketing apa dapat dipahami secara utuh nantinya.

Pengertian Internet Marketing Menurut Para Ahli Lengkap


Pengertian Internet


Pengertian Internet adalah sebuah jaringan antar komputer dimana setiap komputer akan saling terhubung satu dengan yang lainnya bertujuan untuk proses komunikasi dan pertukaran informasi. Sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan internet akan dengan mudah menemukan dan mencari informasi dari seluruh dunia melalui layar browser.

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang isinya informasi yang dibutuhkan serta sebagai sarana komunikasi data seperti : teks, suara, gambar maupun video. Semua bisa kita akses melalui internet.

Pengertian Internet adalah sebuah jaringan komunikasi public (bersama) dan global (mendunia) yang memberikan koneksi langsung kepada siapapun yang terhubung melalui jaringan Local area network (LAN) dan Internet Service Provider (ISP) (Pengertian Internet menurut Turban, 2000, p241)

Menurut Coupey (2001, p8) pengertian internet adalah sebuah komunikasi antara konsumen, penjual, dan jutaan organisasi lainnya. Internet memungkinkan orang untuk menyesuaikan dan beradaptasi dalam cara mereka berkomunikasi, apakah hanya dengan satu orang atau dengan seluruh target pasar, dengan cepat dan mudah.

Menurut Chaffey et al, (2000, p12), pengertian Internet adalah lebih khusus mengarah kepada jaringan fisik yang berfungsi menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Internet tersusun dari infrastruktur jaringan server dan komunikasi wide-area yang saling terkoneksi satu sama lainnya, fungsi internet untuk menyimpan sertia mengirimkan informasi dalam jumlah besar yang dapat diakses oleh komputer yang terhubung di seluruh dunia.

Pengertian Internet adalah jaringan global yang saling menghubungkan pengguna komputer dari seluruh dunia dengan menggunakan media protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.

Fungsi Internet


Menurut Chaffey et al.(2000, p10), internet memiliki berbagai keuntungan yang disebut dengan 6C, yaitu: Cost Reduction, Capability, Competitive advantage, Communications improvement, Control dan Customer Service Improvement.

Cost Reduction
Jika pada pemasaran konvesional memerlukan tenaga operator telepon dan memerlukan biaya cetak maupun distribusi materi komunikasi, melalui internet semua kebutuhan itu dapat dikurangi dengan menggunakan media website yang dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia melalui komputer yang tersambung dengan internet.

Capability
Jutaan peluang baru muncul dengan adanya internet bahkan untuk produk baru dan layanan baru yang belum terpikirkan sebelumnya seperti Gojek, dll

Competitive Advantage
Sebuah perusahaan yang mampu memperkenalkan hal yang baru akan memiliki keuntungan yang lebih sebelum perusahaan pesaingnya memiliki kemampuan yang sama.

Communications Improvement
Hal ini mencakup peningkatan seluruh aspek meliputi komunikasi dengan pelanggan, komunikasi dengan pemasok, karyawan, maupun distributor.

Control
Internet dan intranet mampu menyediakan penelitian atau riset pasar yang baik dengan cara memperlajari perilaku pasar dan pelanggan serta cara staf dalam melayani pelanggan.

Customer Service Improvement
Customer service dikatakan meningkat jika dilihat menggunakan query database yang interaktif. Seperti ketersediaan stok dan pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan atau calon pelanggan yang masuk.

Apa kegunaan internet? Banyak. Jika dikhususkan pada dunia bisnis internet bisa dijadikan tempat promosi bisnis yang Anda jalankan. Pembeli akan lebih mudah mendapatkan informasi produk yang Anda jual melalui internet.

Untuk bagian administrasi, penggunaan internet sangat membantu mengurangi biaya kertas maupun biaya distribusi.

Internet semakin kesini semakin intensif dalam aktifitas perbankan, contohnya seperti untuk baking online yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi secara online di depan komputer mereka (resourses sharing).

Baca juga : Manajemen Pemasaran.

Pengertian Pemasaran akan kami jelaskan pada posting berikutnya atau akan diupdate pada artikel ini.

Pengertian Internet Marketing


Internet marketing adalah kata lain dari pemasaran melalui internet. Definisi internet marketing adalah bentuk usaha dari sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya maupun jasanya dan juga membangun hubungan yang lebih dekat dengan customer melalui media internet.

Pengertian Internet Marketing Menurut Kotler dan Amstrong (2008:237)
Bentuk pemasaran internet ini memiliki cakupan yang sangat luas yang merupakan situs publik dalam jaringan komputer yang sangat besar dari seluruh negara di dunia. Masing-masing jaringan komputer memiliki tipe yang berbeda serta dari berbagai belahan negara di dunia menyatu ke dalam satu wadah informasi yang sangat besar sekali (INTERNET).

Definisi Internet Marketing Menurut Mulia (2009),
pengertian internet marketing adalah sarana atau wadah dalam memasarkan produk maupun jasa melalui internet. Internet marketing ini merupakan aplikasi dan penerapan dari teknologi internet dan teknologi-teknologi digital yang terkait dengan tujuan-tujuan peningkatan pemasaran. Teknologi-teknologi tersebut seperti provider internet, media internet, kabel-kabel jaringan internet, satelit, hardware, software, yang semuanya sangat menunjang percepatan internet marketing. (Chaffey et al, 2000)

Pengertian Internet Marketing menurut Mohammed, Fisher, &Jaworski, 2003, pp. 4-5
Internet Marketing adalah proses membangun serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan melalui aktivitas interaksi secara online guna memfasilitasi dan menjembatani pertukaran informasi, ide-ide, produk maupun layanan yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan maupun penyedia produk dan jasa (memuaskan tujuan dari kedua belah pihak).

Internet marketing juga disebut dengan E-Marketing.

Pengertian E-Marketing menurut Chen-Ling, & Lie, dalam jurnal Journal of American Academy of Business (2006, p296)
E-marketing adalah proses memasarkan produk dan layanan kepada konsumen dengan menggunakan media website. Pengguna e-marketing akan dengan mudah mengakses informasi produk yang dijual dimana saja dan kapan saja selama komputer terhubung melalui internet.

Pengertian E-Marketing Menurut El-Gohary (2010, p216)
Internet marketing dapat dipandang sebagai filosofi baru dan praktek bisnis modern terkait dengan pemasaran barang, jasa, informasi, dan ide melalui jaringan internet guna mencapai tujuan kedua belah pihak.

Pengertian Internet Marketing menurut Mohammed, et al. (2003,p4)
definisi internet marketing adalah sebuah proses membangun serta memelihara hubungan dengan pelanggan melalui kegiatan secara online sebagai wadah untuk bertukar pendapat, produk, serta jasa agar dapat tercapai tujuan bersama kedua belah pihak.

Pengertian Internet marketing menurut Chaffey et al, 2000, p6
Arti Internet marketing adalah aplikasi dari internet yang berhubungan dengan teknologi digital untuk mencapai pemasaran yang lebih objektif.
Digital marketing memiliki arti yang sama dengan electronic marketing dimana masing-masing menjelaskan management dan eksekusi dari pemasaran dengan menggunakan media elektronik seperti website, e-mail, interactive TV dan wireless media bersama dengan data digital mengenai karakteristik dan kebiasaan pelanggan. 

Pengertian Internet marketing menurut Traver dan Laudon (2008: 355)
Daalam bukunya, Traver dan Laudon menjelaskan pengertian internet marketing adalah sebuah pemasaran yang menggunakan web, sama seperti saluran tradisional untuk membangun hubungan jangka panjang yang positif dengan pelanggan (baik online maupun offline) dan dengan demikian tercipta kompetisi yang lebih unggul untuk perusahaan dengan memperbolehkan perusahaan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi untuk produk atau layanan dibandingkan yang ditetapkan kompetitor.

Pengertian Internet marketing menurut Keller & Kotler (2009: 474) 
Memberi definisi E-marketing yang berbeda dimana pengetian e-marketing adalah upaya sebuah perusahaan untuk menginformasikan, mengkomunikasikan, mempromosikan,dan menjual produk dan jasanya melalui media internet.

Pengertian Internet Marketing menurut Shukla (2010, v9)
Definisi internet marketing adalah pemasaran web, pemasaran online, atau pemasaran produk atau jasa melalui internet. Dimana Internet marketing menawarkan informasi dan transaksi yang lebih efisien namun belum tentu menghasilkan keunggulan yang lebih kompetitif secara berkelanjutan. Hal ini sangat penting diketahui untuk menekankan bahwa hal ini bukan hanya mengenai internet-user tetapi mengenai pelanggan.
Tidak seperti media lain, internet menawarkan potensi dalam mempengaruhi pelanggan dengan cara memanipulasi semua elemen dari bauran pemasaran. Sebagai jaringan dunia ditandai dengan integrasi virtual dan lintas-fungsional, pemanfaatan teknologi dianggap penting untuk memanfaatkan potensi besar yang ditawarkan oleh internet. Mengintegrasikan konten, format dan akses untuk menciptakan komunitas virtual pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan nilai dan memperdalam hubungan dengan pelanggan.

Pengertian Internet marketing / E-marketing menurut Strauss et. al (2003, p8)
E-marketing adalah suatu proses merencanakan dan menjalankan sebuah konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga dari ide, barang dan jasa guna menciptakan pertukaran yang saling memuaskan secara individu dan organisasi. Pemasaran merencanakan marketing mix untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan organisasi pemasaran kemudian menjalankan rencana tersebut.

Jadi, Pengertian Internet Marketing adalah 

proses penggunaa ninternet untuk melakukan kegitan online yang bertujuan untuk memasarkan produk dan jasa perusahaan serta membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan sehingga kedua belah pihak dapat memperoleh kepuasan

Keuntungan Internet Marketing


Menurut Sheth & Sharma (2005: 612)
Keuntungan utama dari internet marketing adalah mampu mengurangi dan menekan pengeluaran biaya sertia memperluas jangkauan pelanggan. Biaya melaui internet-marketing umumnya lebih murah/rendah dari pada platform pemasaran lainnya seperti face-to-face atau perantara penjual / distributor.
Selain itu, internet marketing memperbesar peluang perusahaan untuk menjangkau pelanggan yang tidak dapat ditemui karena keterbatasan waktu dan lokasional dari saluran distribusi yang ada.

Platform internet marketing mampu meningkatkan jangkauan dan mampu menekan biaya dengan menyediakan dua bidang keuntungan bagi pelanggan yaitu: lebih independen dalam mendapatkan informasi yang tepat dan pelanggan dapat bertransaksi secara langsung melalui halaman transaksi yang disediakan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.


Tahapan Internet Marketing


Terdapat tujuh tahapan dalam internet marketing menurut Mohammed et.al (2003, p9)


Pengertian Internet Marketing


image credit : ayuhanaaa.blogspot.com

Demikian penjelasan ringkas kami mengenai pengertian internet marketing semoga dapat memberikan manfaat.

Tombol (x) Untuk Menutup

Selamat Datang

di ContohSurat.co.id

×