Kunjungi Iklan1




Pengertian BUDAYA, Kebudayaan, Seni Budaya, Ciri, Contoh dan Fungsi Budaya







Pengertian BUDAYA


Pada kesempatan kali ini Blog Ekonomi akan share tentang pengertian budaya, apa itu budaya, definisi seni budaya, ciri ciri budaya, unsur budaya, contoh budaya, fungsi budaya baik secara umum maupun pengertian budaya menurut para ahli.

Secara umum pengertian budaya adalah cara hidup yang mengatur agar setiap manusia mengerti dan memahami bagaimana mereka harus bertindak, berlaku, berbuat, menentukan sikap saat berhubungan dengan orang lain.

Budaya berasal dari bahasa inggris yaitu "culture" yang memiliki arti yang sama dengan kebudayaan.

Budaya sama artinya juga dengan kata "colere" yang berasal dari bahasa latin yang artinya yang mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau petani.

Kata budaya juga diambil dari bahasa sanskerta yaitu buddayah yang merupakan kata jamak dari buddhi yang artinya budi atau akal.

Pengertian Budaya adalah cara hidup yang dapat berkembang secara bersama dalam suatu kelompok masyarakat secara turun temurun dari saru generasi ke generasi berikutnya dimana budaya terbentuk dari beberapa unsur yaitu sistem politik, adat istiadat, agama, bahasa, pakaian, perkakas, karya seni dan karya bangunan (satujam.com).

Pengertian Budaya Kebudayaan
Credit : macrotraveller.com


Pengertian Budaya Menurut Edward Burnett Tylor


Dalam bukunya "Primmitive Culture" Tylor menjelaskan bahwa pengertian budaya / kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks dan rumit, dimana didalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, hukum, moral, adat-istiadat, maupun kemampuan lainnya, serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh dari manusia dalam kehidupan dan posisinya sebagai anggota masyarakat.
oleh Ranjabar, 2006.

Pengertian Kebudayaan Menurut Goodenough 


Pengertian kebudayaan adalah suatu sistem kognitif yang terdiri atas ilmu pengetahuan, nilai serta kepercayaan yang berada didalam pemikiran anggota-anggota individu dalam masyarakat.

Dengan kata lain, kebudayaan berada dalam tatanan kenyataan yang ideasional. Kebudayaan juga merupakan perlengkapan mental dimana oleh masing-masing anggota masyarakat menggunakannya dalam proses transaksi, orientasi, pertemuan, perumusan gagasan, pengelompokan, serta penafsiran perilaku sosial nyata dalam masyarakat mereka.
(dalam Kalangie, 1994)

Pengertian Budaya / Kebudayaan Menurut Linton (dalam Sukidin, 2005)


Pengertian kebudayaan adalah konfigurasi dari tingkah laku yang dipelajari dari hasil tingkah laku, yang unsur-unsur pembentukannya kemudian didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu.

Definisi Budaya menurut Soemardjan dan Soemardi (dalam Soekanto, 2007)


Pengertian Budaya adalah semua hasil karya, cipta dan rasa dalam masyarakat. Karya masyarakat akan menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (biasa disebut material culture) yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk keperluan masyarakat.

Arti Budaya Menurut Roucek dan Warren (dalam Sukidin, 2005)


Menjelaskan bahwa Kebudayaan tidak hanya merupakan seni dalam hidup namun juga terdapat pada benda-benda di sekeliling kita yang dibuat oleh manusia.

Sehingga definisi kebudayaan adalah cara hidup yang dikembangkan oleh sebuah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasarnya guna mempertahankan hidup, meneruskan keturuan, dan mengatur pengalaman sosialnya.

Pengertian Budaya Menurut Koentjaraningrat (2002)


Pengertian Ilmu Antropologi Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan serta hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan millik diri manusia dengan belajar. Beliau membagi kebudayaan atas 7 unsur yaitu:

1. Bahasa

Bahasa merupakan sebuah pengucapan yang indah dalam suatu elemen kebudayaan dan mampu menjadi alat perantara utama bagi kebutuhan manusia untuk meneruskan atau mengadaptasi kan kebudayaan. Aada dua macam bentuk bahasa yaitu bahasa lisan dan bahasa tulisan.

2. Sistem Pengetahuan. 

Sistem pengetahuan membahas pada ilmu pegetahuan tentang kondisi alam di sekeliling kita dan sifat sifat peralatan yang dipakainya. Sistem pengetahuan meliputi ruang pengetahuan tentang alam sekitar, flora dan fauna, waktu, ruang dan bilangan, sifat sifat dan tingkah laku sesama manusia, tubuh manusia dan lain-lain

3. Sistem Kemasyarakatan atau Organisasi Sosial. 

Organisasi Sosial adalah sekelompok masyarakat yang anggotanya merasa satu dengan sesamanya. Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial yang meliputi: kekerabatan, asosiasi dan perkumpulan, sistem kenegaraan, sistem kesatuan hidup, perkumpulan. Baca juga: Pengertian Negara

4. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi. 

Yang dimaksud dengan teknologi adalah jumlah keseluruhan teknik yang dimiliki oleh para anggota suatu masyarakat, meliputi keseluruhan cara bertindak dan berbuat dalam hubungannya dengan pengumpulan bahan bahan mentah, pemrosesan bahan-bahan itu untuk dibuat menjadi alat kerja, penyimpanan, pakaian, perumahan, alat trasportasi dan kebutuhan lain yang berupa benda meterial. Unsur teknologi yang paling menonjol adalah kebudayaan fisik yang meliputi, alat alat produksi, senjata, wadah, makanan dan minuman, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung dan perumahan serta alat alat transportasi.

5. Sistem mata pencaharian hidup. 

Sistem mata pencaharian hidup merupakan segala usaha manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi yang meliputi, berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, peternakan, perikanan, perdagangan.

6. Sistem Religi. 

Sistem religi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terpadu antara keyakinan dan praktek keagamaan yang berhubungan dengan hal hal suci dan tidak terjangkau oleh akal. Sistem religi yang meliputi, sistem kepercayaan, sistem nilai dan pandangan hidup, komunikasi keagamaan, dan upacara keagamaan.

7. Kesenian. 

Secara sederhana kesenian dapat diartikan sebagai segala hasrat manusia terhadap keindahan. bentuk keindahan yang beraneka ragam itu timbul dari  imajinasi kreatif yang dapat memberikan kepuasan batin bagi manusia. Secara garis besar, kita dapat memetakan bentuk kesenian dalam tiga garis besar, yaitu seni rupa, seni suara dan seni tari.


Pengertian Budaya Menurut Andreas Eppink


Kebudayaan mengandung suatu bentuk dari keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan dan keseluruhan struktur-struktur religius, sosial, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, pengertian budaya yang lain adalah segala pernyataan artistik dan intelektual menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Pengertian Budaya Menurut C. Kliucckhohn

Pengertian budaya adalah sistem peralatan dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem religi serta upacara keagamaan.

Pengertian Seni Budaya


Seni Budaya adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia tentang cara hidup berkembang secara bersama pada suatu kelompok sosial yang memiliki unsur keindahan (estetika) secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. (satujam.com)

UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN

  1. Sistem Religi
  2. Sistem Organisasi Kemasarakatan
  3. Sistem Pengetahuan
  4. Sistem Mata Pencaharin Hidup
  5. Sistem Teknologi dan Peralatan
  6. Bahasa
  7. Kesenian

FUNGSI BUDAYA

  • Mempersatukan warga masyarakat.
  • Memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar warga masyarakat.
  • Mendorong perubahan dalam masyarakat.
(Sosiologi SMA Jilid 1, Hal : 41-42, Penerbit : PhiBeta, Penulis : Saptono dan Bambang Suteng S.)


CONTOH BUDAYA


1.  Kesenian Daerah

Kesenian daerah di Indonesia sangat beraneka ragam seperti tari daerah, lagu daerah, alat musik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Masing-masing kesenian tersebut memiliki tujuan yang bermacam-macam antara lain sebagai bentuk rasa syukur, menyambut tamu kehormatan, upacara pernikahan, hari besar keagamaan, hiburan atau dengan tujuan yang lainnya.

Berikut contoh-contoh budaya kesenian daerah :

a. Contoh Tarian Daerah

  • Tarian dari Aceh : Tari saman, Tari Seudati dan Tari Pukat
  • Tarian dari Sumatra Utara : Manduda, Tortor dan Serampang Dua Belas
  • Tarian dari Jawa Timur : Ngremo dan Reog
  • Tarian dari Jawa Tengah : Serimpi, Gambyong, Bedaya'
  • Tarian dari Jawa Barat : Jaipong, Topeng, Merak
  • Tarian dari Bali : Janger, Pendet, Kecak dan Legong

b. Contoh Lagu Daerah

  • Lagu Daerah Aceh : Beungong Jeumpa
  • Lagu Daerah Jambi : Injit-injit semut
  • Lagu Daerah Riau : Soleram, Jawa Barat, Bubuy Bulan
  • Lagu Daerah Jakarta : Kicir-kicir
  • Lagu Daerah Jawa Tengah : Suwe Ora Jamu
  • Lagu Daerah Sulawesi Selatan : Angin Mamiri
  • Lagu Daerah Kalimantan Selatan : Ampar-ampar Pisang
  • Lagu Daerah Papua : Apuse

c. Contoh Alat Musik Daerah

  • Alat Musik dari Jawa barat : Angklung
  • Alat Musik dari Nusa Tenggara : Sasando
  • Alat Musik dari Sulawesi : Kolintang
  • Alat Musik dari Jawa Tengah : Gamelan

2. Rumah Adat di Indonesia

  • Rumah Gadang : Minangkabau/Sumatera Barat
  • Rumah Limas : Sumatra Selatan
  • Rumah Joglo : Jawa tengah dan jawa timur
  • Rumah Kesepuhan : Jawa Barat dan Banten
  • Rumah panjang : Kalbar dan Kalsel
  • Rumah Lamin : Kaliman Timur
  • Rumah Tongkonan : Sulawesi Selatan
  • Rumah Honai : Papua

3. Pakaian dan Senjata Adat di Indonesia

Pakaian adat masing-masing daerah juga berbeda-beda, pakaian adat ini umumnya dipakai pada acara-acara tertentu atau ritual-ritual tertentu. Misal saja dipakai pada saat pernikahan, upacara adat dan acara-acara yang lainnya. Berikut adalah contoh pakaian adat beserta dengan daerah asalnya :

  • Baju Inong : Aceh
  • Kain Ulos : Batak/Sumatra Utara
  • Baju Kurung : Minangkabau
  • Kebaya : Jawa
  • Baju Bodo : Sulawesi Selatan

Umumnya pakaian adat dipakai disertai dengan senjatanya, sebagai contohnya adalah sebagai berikut:

  • Keris : Jawa tengah dan DIY
  • Rencong : Aceh
  • Kujang : Jawa Barat
  • Golok : Jakarta
  • Clurit : Jawa timur dan Madura
  • Badik : Sulawesi Selatan

4. Tradisi di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa contoh tradisi yang dilakukan suku-suku di Indonesia

  • Suku jawa : Mitoni, Tedah siti, ruwatan, kenduri, grebegan
  • Suku Sunda : Seren taun, ngeuyeuk seureuh (upacara adat perkawinan di Jawa Barat)
  • Suku Tengger/Jawa Timur : Kasodo (upacara mempersembahkan sesajenn ke kawah Gunung Bromo
  • Suku Bali : Ngaben, Nelubulanin, Ngutang mayit (upacara kematian di Trunyan)
  • Suku Toraja : Rambu solok

Selain kebudayaan-kebudayaan diatas, suatu daerah juga memiliki makanan khas yang sudah diakui. Sebagai contoh adalah Peauyeum atau tapai dari Bandung, Gado-gado dari Jakarta, Gudeg dan bakpia dari Yogyakarta, Empek-empek dari Palembang, Rendang dari Padang, Rujak Cingur dari Surabaya dan Wingko babat dari Semarang.
(sumber: kitapunya.net/2015/12/contoh-contoh-budaya-lokal-di-indonesia.html)

Demikian penjelasan kami mengenai Pengertian Budaya dan Kebudayaan, semoga menambah wawasan kita tentang Indonesia. Sebarkan kepada teman yang lain jika merasa bermanfaat. Terima kasih.