Kunjungi Iklan1

Contoh Surat Lamaran Kerja Semua Profesi Terbaru 2017











Contoh Surat Lamaran Kerja Semua Profesi Terbaru 2017. Pada kesempatan kali ini blog Contoh Surat akan share mengenai surat lamaran pekerjaan yang telah menjadi kebutuhan dan kunci awal para pencari kerja dalam mendapatkan posisi yang diharapkannya. Pada tulisan ini akan kami berikan contoh-contoh surat melamar kerja dari berbagai profesi seperti guru, staff PT, bank, administrasi, akuntansi, sekretaris, toko, hotel, indomaret, alfamart, apotek disertai daftar riwayat hidup atau cv baik tulisan tangan maupun cetak. Sebelum lebih jauh mari kita bahas terlebih dahulu mengenai surat lamaran kerja.


Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja adalah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan dan pada umumnya dilengkapi dengan daftar riwayat hidup.

Dalam surat lamaran kerja seharusnya menjelaskan secara singkat kemampuan–kemampuan yang dimiliki oleh pelamar sesuai dengan posisi atau jabatan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan pencari tenaga kerja.

Dalam surat lamaran anda seharusnya hanya menuliskan poin-poin penting yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan dan tidak bertele-tele atau terlalu panjang lebar.

Prinsip-Prinsip Dalam Surat Lamaran


Dalam pembuatan surat lamaran perlu diperhatikan mengenai pendekatan AIDA yaitu ; Attraction, Interest, Desire, and Action.

1. Daya Tarik (Attraction)


  • Menggunakan sampul surat lamaran kerja dengan sampul surat yang bukan warna cokelat akan terlihat lebih ekslusif dan menggambarkan kepribadian yang lebih dari diri pelamar.
  • Jilidlah dengan rapi surat lamaran beserta semua lampirannya seperti: daftar riwayat hidup / cv, surat keterangan, fotokopi ijazah, kartu identitas, transkrip nilai, sertifikat-sertifikat, foto, dan lain-lain.
  • Bahasa surat yang menarik, sopan, dan efektif.

2. Menarik (Interest)

  • Prinsip kedua dalam penulisan surat lamaran kerja adalah menarik (interest). Penulisan surat lamaran kerja harus dapat menarik perhatian 10 detik pertama pembacanya dengan menjelaskan relevansi pesan-pesan yang anda sampaikan dalam surat lamaran kerja kepada pembaca.
  • Maksudnya pelamar menjelaskan relevansi kemampuan yang dimiliki dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Hasrat (Desire)

  • Prinsip ketiga dalam penulisan surat lamaran kerja adalah desire (hasrat). Artinya bahwa dalam menulis surat lamaran kerja anda harus dapat menumbuhkan hasrat pembaca untuk dapat mengetahui lebih jauh terhadap apa yang sudah pelamar tuliskan dalam surat lamaran kerja.

4. Tindakan (Action)

  • Prinsip ke empat dalam penulisan surat lamaran kerja adalah action (tindakan) artinya bahwa dalam penulisan surat lamaran kerja pelamar harus dapat memberikan saran kepada pembaca untuk mengambil suatu tindakan tertentu yang berkaitan dengan harapan pelamar kerja dalam menulis surat lamaran kerja.

Pengelolaan Surat Lamaran Kerja

Secara umum pengorganisasian penulisan surat lamaran kerja memiliki tiga bagian utama, yaitu:
  • Paragraf pembuka
  • Paragraf pertengahan
  • Paragraf penutup


1) Paragraf Pembuka



Surat lamara kerja harus menyatakan secara jelas bahwa anda sedang melamar suatu pekerjaan, karenanya dalam surat lamaran anda perlu mengidentifikasikan jenis pekerjaan yang anda minati. Surat lamaran yang baik perlu mencantumkan hal-hal sebagai berikut dalam bagian pembukaannya:

a. Rangkuman

Pada bagian awal surat lamaran kerja kemukakan kualifikasi yang anda miliki, yang paling relevan dengan jabatan atau posisi yang diinginkan dan jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan/memberikan manfaat bagi perusahaan atau lembaga yang anda lamar.

b. Nama referensi

    Anda dapat menyebutkan nama seseorang yang sudah dikenal oleh pembaca (yang menawarkan kerja) atau seseorang yang menyarankan anda untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau lembaga tersebut.

c. Sumber publikasi


    Sebutkan dari mana anda mendapatkan informasi tentang adanya lowongan kerja di perusahaan tersebut. Sumber informasi ini antara lain: surat kabar, majalah, radio, dan lain-lain.

d. Pertanyaan

    Gunakan kalimat tanya pada awal paragraf untuk menarik perhatian pembaca yang menunjukkan bahwa anda mengetahui masalah, kebutuhan, dan tujuan suatu organisasi, dan anda mempunyai keinginan untuk membantu memecahkan masalah tersebut. Hal ini akan memberikan manfaat bagi pembaca.

e. Cuplikan berita

    Dalam kalimat pembuka anda dapat mengambil cuplikan berita surat kabar atau majalah dimana suatu perusahaan sedang merencanakan membuka kantor cabang atau memperkenalkan produk baru atau memerlukan tenaga operator dan sebagainya.

2) Paragraf pertengahan


    Dalam paragraf pertengahan anda perlu menyajikan kualifikasi diri anda untuk suatu pekerjaan yang anda inginkan. Kemudian usahakan kejelasan dalam paragraf ini benar-benar diminati (interest) dan sangat diharapkan (desire) oleh pembaca. Penyajian kualifikasi diri melihat dari sudut pandang yang mencakup:

a. Pendidikan

            Pada bagian pendidikan menunjukkan bahwa anda mempunyai latar belakang dalam dunia bisnis yang cukup luas serta bidang tertentu yang cukup luas, kemudian menjelaskan bagaimana pendidikan kita relevan dengan perkerjaan yang anda cari.

b. Pengalaman kerja

    Berbagai jenis pekerjaan yang anda pernah lakukan terutama yang berhubjngan dengan pekerjaan yang anda lamar, akan membantu memperkuat kualifikasi anda. Dalam hal ini, pelamar perlu menyatakan secara jelasberbagai fungsi atau kegiatan yang dapat plamar lakukan. Atas dasar itu pelamar dapat menunjukkan kepada calon pemberi kerja, bahwa:
  • Anda memperoleh suatu pengalaman yang dapat membantu mempercepat penyelesaian pekerjaan Anda akan dapat melakukan adaptasi dengan lingkungan baru anda dan bekerja sama dengan mereka
  • Anda dapat memikul tanggungjawab suatu pekerjaan dengan baik
  • Anda adalah orang yang mampu bekerja keras

c. Sikap, minat dan kualitas

    Disini anda dapat memberikan informasi tambahan bahwa anda dapat bekerja sama dengan orang lain, kemudian sikap anda terhadap bidang pekerjaan, perusahaan, suasana kerja dan kualitas personal (kegiatan ekstra-kurikuler dan sebagainya).

3) Paragraf penutup


  • Pada paragraph terakhir dari surat lamaran kerja anda umumnya berisi harapan tindakan dari pembaca atau perusahaan.
  • Jelaskan pada paragraf penutup bahwa anda dapat melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang telah disediakan oleh organisasi perusahaan atau lembaga yang dilamar.

Tips Untuk Pelamar Kerja



    Ada hal dimana pelamar tidak boleh lupa adalah bahwa pelamar sedang “menjual potensi diri” kepada calon pemberi kerja (perusahaan) secara tertulis, mencakup kepribadian, kualifikasi diri, pelatihan yang pernah diikuti, pengalaman kerja, dan hobi pelamar.

        Oleh karena itu surat lamaran kerja dapat juga dikatakan sebagai surat penjualan. Sebagai surat penjualan, paling tidak harus mudah dipahami, jelas, ringkas, tepat atau sesuai dengan pekerjaan, dan rapi dalam penampilan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Pelamar

  1. Pelamar harus mempunyai pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dikehendaki.
  2. Bangkitkan minat pembaca terhadap kualifikasi yang pelamar miliki.
  3. Tonjolkan hal-hal positif
  4. Usahakan surat lamaran kerja rapih dan menarik
  5. Tulislah surat dari sudut pandang pembaca, bukan penulis
  6. Tekankan hal-hal yang membedakan pelamar dengan pelamar-pelamar lainnya


Hal-Hal yang Harus Pelamar Hindari

  1. Jangan melamar pekerjaan diluar kemapuan si pelamar sendiri
  2. Jangan mengirimkan surat lamaran foto copy
  3. Jangan mengatakan bahwa anda menerima pekerjaan apa saja
  4. Hindari kata-kata bombastis
  5. Jangan meminta belas kasihan dari calon pemberi kerja (perusahaan)
  6. Hindari untuk mempertanyakan gaji duluan
  7. Jangan memberi komentar langsung tentang karakter anda

Contoh surat lamaran kerja ini dibuat tentu saja untuk menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari panduan untuk membuat surat lamaran kerja. Mungkin terdapat jutaan artikel di internet  yang menyediakan panduan bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang disertai contoh surat lamaran pekerjaan baik itu surat lamaran kerja untuk melamar ke perusahaan maupun surat lamaran pekerjaan untuk melamar sebagai CPNS.

Surat lamaran kerja pada artikel ini sudah saya buat sesuai dengan format dan struktur penulisan lamaran kerja dan sebelum lanjut ke contoh surat lamaran kerja ada baiknya saya lengkapi juga tips dan kriteria untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar karena bagaimanapun juga surat lamaran yang kita kirim adalah proses awal yang menentukan dan terbukanya peluang apakah anda layak atau tidak menjadi karyawan dari sebuah perusahaan tertentu, sehingga sebelum membuat surat lamaran pekerjaan ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu cara membuat surat lamaran kerja berikut memperhatikan contoh surat lamaran kerja yang akan saya bagikan kali ini




Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar


Berikut adalah struktur atau format penulisan yang sebaiknya adalah dalam surat lamaran kerja Anda.

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran
  2. Nama Perusahaan yang ditujukan
  3. Salam hormat
  4. Kata pengantar
  5. Biodata pribadi pelamar
  6. Pengalaman kerja dan skill / kemampuan yang dimiliki sesuai dengan deskripisi kerja yang dibutuhkan
  7. Harapan dalam pengajuan lamaran
  8. Penutup

Tips Dalam Membuat Surat Lamaran Pekerjaan


  1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris
  2. Format penulisan tersusun rapi sesuai penjelasan diatas dengan bahasa yang tidak bertele-tele
  3. Surat lamaran kerja sebaiknya ditulis secara tulis tangan manual dan sebaiknya memang anda sendiri yang membuatnya / menulisnya
  4. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja baik pengalaman kerja maupun kemampuan yang dimiliki ditunjang dengan sertifikasi yang sesuai
  5. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru


Solo, 18 Juni 2017
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Kepala SMK Pancasila Solo
Ngrandu, Gunungsari
Solo

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi adanya lowongan Guru Sejarah di SMK Pancasila Solo, maka bersamaan dengan ini saya mengajukan permohonan surat lamaran kerja.

Saya Ayunda Ari, wanita 23 tahun telah menyelesaikan pendidikan dengan jurusan Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 28 April 2013 dengan IPK 3,51. Saya sangat menyukai bidang ilmu pendidikan serta sangat memahami proses ilmu sejarah. Saya mempunyai pengalaman mengajar di SMK Negeri 2 Yogyakarta selama tiga bulan. Ditambah bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer, berorganisasi, serta pembuatan media pembelajaran baik manual maupun menggunakan media elektronik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
1. Foto Copy Ijazah terakhir
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Foto Copy KTP
4. Pas Foto ukuran 3 x 4 sejumlah 2 lembar
5. Sertifikat Keterampilan dan Organisasi

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Semoga saya dapat mengembangkan minat, bakat dan kompetensi diri saya di bidang Pendidikan serta dapat memberikan kontribusi di SMK Pancasila Solo. Besar harapan saya untuk dapat diterima di sekolah ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Ayunda Ari, S.Pd.



Banjarmasin, 27 Maret 2017
Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth, Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu
di-
Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya membuat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honorer di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, adapun data pribadi saya adalah sebagai berikut :

Nama : Muhammad Aldy
Tempat/Tanggal lahir : Amuntai, 09 Oktober 1992
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Matematika
Alamat : Jalan Ahmad Yani Km.5 No.28 RT.8 RW.2, Banjarmasin
Nomor HP : 0899-xxxx-xxxx

Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin sekarang ini. Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan :

    Fotocopy KTP I lembar
    Pas photo 3 x 4 Sebanyak 1 lembar
    Ijazah 1 lembar
    Transkrip nilai 1 lembar
    Akta VI 1 lembar
    Daftar riwayat hidup 1 lembar

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.


Hormat Saya,

Muhammad Aldy


Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT


Bali, 20 Maret 2014

Kepada Yth :
HRD PT NUSANTARA
Jl. Ahmad Yani No. 10 Singaraja Bali

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                          : Fahrur Rozi
Tempat/Tanggal Lahir : Singaraja, 11 Agustus 1989
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Pendidikan                  : SMK Perhotelan Bina Lestari Bali
Alamat                        : Jl. Dewi Sartika No. 8 RT/RW 09/006
Telepon                       : 085252446757

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
5.Foto copy Sertifikat Competensi
6.Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.


Hormat saya


Fahrur Rozi



Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan CV


Jakarta, December 20, 2010

To:
Unitama Megatrading Corp
Human Resources Department
Puri Kembangan Street Kav.102
Jakarta Barat


Dear Sir,

I know that Unitama Megatrading Corp. is one of the biggest retail product distributors in Indonesia, and I am sure it would be an excellent career opportunity to join in and work for this respective company.

I would like to apply for direct marketing and sales officer position in your company. I am in good health, willing to work, fast learning, and work well with others. I have my own vehicle, driving license A and C. Also, I have good communication skill and speak English fluently both oral and written.

I was graduated from Akademi Manajemen Perusahaan (AMP) YKPN Yogyakarta, majoring in Marketing Management in December 2003, and have been working for Pratama Corp Retails in sales and marketing department since January 2004. I believe my 2 years experience in this related field would be useful for me to contribute your company better.

I would greatly appreciate an opportunity to convince you that my services would be an asset to your company. I assure you that a high level of efficiency would be applied to any assignment given to me. I hope my qualifications and experiences merit to your consideration.

Thank you for kind attention, and I am looking forward to your reply.



Yours Faithfully,



Abdul Malik


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

CURRICULUM VITAE

Personal Details

Name                                                   :  Abdul Malik

Permanent address                       :  Jend. Soedirman Street No. 2 Jakarta Pusat

Recent address                                :  Mawar Street No. 3 Jakarta Barat

Faculty / Majority / intake           :  Marketing Management

Phone / cell phone                         :  021 – 012345 / 085123456789

Gender                                               :  Male

Place / Date of Birth                       :  Banyumas, 29 April 1987

Email                                                    :  Abdoel_malik@gmail.com

Religion                                               :  Islam

Hobby                                                  :  Traveling, reading and writing



Job Preference

Department which chosen         :  marketing and sales officer

Reason                                                :  I have 2 years experience in the marketing and sales



Professional Qualifications

Skills                                                     :  Work well with others, own vehicle, driving license A and C, good communication skill and speak English fluently both oral and written.

English background                        :  – Primaga Course for 2 years

– ELTU English Course for 1 year

Strength                                             :  Good communication and leadership

Weakness                                          :  I cannot control of my emotion

Disease (if any)                                :  Stomach illness.


  

                                                                         Your Photo

                                                                       (3 x 4)



Insya Allah akan kami update Contoh Surat Lamaran Kerja untuk profesi lainnya di lain waktu dan semoga bermanfaat sebagai bahan referensi Anda. Terima kasih atas kunjungannya.
Tombol (x) Untuk Menutup

Selamat Datang

di ContohSurat.co.id

×